31st October 2014

penemuan-besar-dalam-sejarah-manusiaDalam sejarah kehidupan manusia, ada banyak sekali penemuan-penemuan baru yang mampu merubah tata cara hidup manusia. Dengan adanya penemuan-penemuan tersebut menjadikan sistem kehidupan manusia semakin maju dan berkembang.

Berikut ini adalah 7 penemuan paling bersejarah dalam peradaban manusia sejak zaman purba yang kelak (kini) mampu merubah tata cara hidup manusia menjadi lebih maju.

1. Api

Pada awal masa sejarahnya, manusia hidup di bumi belum mengenal api. Tidak ada sistem memasak bahan makanan. Semua langsung dimakan. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa manusia purba pertama kali menemukan api tanpa sengaja ketika petir menyambar pohon dilingkungan koloninya. Semenjak itu manusia purba mencoba untuk menggosok-gosokkan benda keras seperti batu hingga ranting kayu yang kering untuk membuat nyala api. Hingga akhirnya ditemukanlah sistem memasak, berburu modern dan berakhir pada penerangan kita malam tiba.

2. Bahasa

Dengan ditemukannya api, maka secara tidak langsung telah menciptakan gaya hidup berkoloni dan berkumpul untuk mendapatkan kehangatan dimalam hari serta menghindari dari rasa takut akan kegelapan. Hal inilah yang mendorong terciptanya sebuah sistem komunikasi yang kita kenal dengan bahasa. Walaupun pada masa itu mungkin bahasa yang digunakan masih berupa bahasa isyarat atau gerak tubuh. Berawal dari hal inilah kemudian peradaban manusia maju dengan pesat serta komunikasi antar manusia menyebar ke seluruh daratan Bumi.

3. Roda

Dengan semakin berkembangnya sistem komunikasi, jarak kemudian menjadi masalah ketika seseorang ingin mengunjungi lainnya. Hutan serta kondisi jalan darat yang buruk kemudian menjadi penghalang sebelum akhirnya ditemukan sebuah benda bundar dengan poros ditengahnya. Benda tersebut yang akhirnya kini kita kenal dengan nama RODA. Dengan ditemukannya roda, peradaban manusia kemudian semakin berkembang lagi dengan terciptanya kereta, kendaraan pertama yang ditemukan oleh manusia.

4. Mesiu

Perang terjadi antar manusia tidak hanya pada masa modern, namun pada zaman manusia primitif pun sudah ada yang namanya perang. Sebelum ditemukannya mesiu, perang terjadi secara jarak dekat dengan menggunakan senjata tajam seperti tombak serta panah. Mesiu menjadi penemuan paling besar dalam peradaban manusia karena menghasilkan ide-ide untuk menciptakan senjata perang yang jaraknya sangat jauh, seperti senjata api, meriam, dll.

Bubuk mesiu atau bubuk hitam merupakan bahan peledak yang terbuat dari campuran belerang, arang, dan kalium nitrat, yang membakar sangat cepat dan bahan pendorong pada senjata api serta kembang api. Bubuk mesiu ditemukan oleh seorang ahli kimia Cina pada abad ke-9 ketika sedang mencoba membuat ramuan kehidupan abadi.

Penemuan bubuk mesiu ini diperkirakan adalah hasil dari percobaan-percobaan kimia selama berabad-abad. Kalium nitrat sendiri sudah ditemukan oleh kebudayaan Cina pada pertengahan abad ke-1, dan banyak bukti bahwa penggunaannya dengan belerang banyak dipakai sebagai obat. Sebuah tulisan tentang kimia dari Cina pada tahun 492 menuliskan bahwa kalium nitrat menghasilkan api ungu ketika dibakar, membuatnya dapat dikenali dan dipelajari lebih lanjut

5. Uang

Manusia adalah makhluk sosial, bahkan semenjak manusia pertama diciptakan. Mereka saling membutuhkan satu dengan lainnya, hal inilah yang kemudian menciptakan sistem barter dalam kehidupan sosial manusia primitif. Namun sejak ditemukan uang, sistem barter kemudian secara perlahan menghilang dan menjadi sangat mudah.

6. Listrik

Dalam hal kelistrikan, memang banyak tokoh yang telah berpartisipasi. Sebut saja de Coulomb, Alesandro Volta, Hans C. Cersted, dan Andre Marie Ampere. Mereka ini dianggap sebagai “jago-jago” terbaik di bidang listrik. Namun dari semua itu, orang tak boleh melupakan satu nama yang sangat berjasa dan dikenal sebagai perintis dalam meneliti tentang listrik dan magnet. Dialah Michael Faraday, seorang ilmuwan asal Inggris yang berhasil menemukan motor listrik pertama, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak. Betapa pun primitifnya, namun penemuan Faraday ini merupakan “nenek moyang” dari semua motor listrik yang digunakan dunia sekarang ini. Sejak penemuannya yang pertama pada tahun 1821, Michael Faraday si ilmuwan autodidak ini namanya mulai terkenal. Hasil penemuannya dianggap sebagai pembuka jalan dalam bidang kelistrikan.

7. Telekomunikasi

Dengan ditemukannya listrik, kemudian ditemukan juga sebuah penemuan yang mampu mengubah wajah dunia serta menurunkan kesulitan berkomunikasi jarak jauh hingga mendekati 0. Antonio Santi Giuseppe Meucci, (13 April 1808—18 Oktober 1889) adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang menemukan sebuah alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon.

Umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, namun sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871. Selama ini, Alexander Graham Bell lebih dikenal sebagai bapak telepon, tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 dikongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.