2nd September 2014

Sebuah media milik Malaysia yang bernama BERITA HARIAN memuat karikatur tentang Ultraman – superhero dari Jepang – yang sedang lari atau mungkin tepatnya melarikan diri dari gelombang tsunami kemarin (11/3/2011). Karikatur tersebut dimuat oleh Berita Harian edisi Minggu (13/3/2011).

gambar-Ultraman-dikejar-tsunami-2011-yang-dimuat-media-Malaysia

Karikatur ini akhirnya menuai kritik dari pembaca maupun politisi melalui akun twitter maupun facebook. “(Karikatur) Itu sungguh memiliki citarasa buruk dan tidak mewakili rakyat Malaysia yang bersolidaritas pada teman-teman kita yang berduka di Jepang,” kata politisi Nurul Izzah yang juga putri Anwar Ibrahim di twitternya.

Akhirnya karena berbagai kecaman tersebut, Berita Harian meminta maaf lewat akun Facebooknya. “BERITA HARIAN memohon maaf dengan penyiaran karikatur mengenai kejadian tsunami dan gempa bumi di Jepun dalam akhbar Berita Minggu hari ini. Pihak kami tidak berniat langsung untuk mempersendakan bencana yang menimpa negara itu, sebaliknya amat bersimpati dan berkongsi kesedihan dengan rakyat Jepun,” demikian bunyi pengumuman itu.

Niatnya sih mungkin hanya sebagai lawakan atau humor saja, namun karena tidak sesuai pada tempatnya, akhirnya ya justru menuai kritik dan kecaman.

Akhirnya terbukti, tak selamanya niat baik itu berakhir dengan kebaikan :mrgreen: